Rabu, 29 Oktober 2014

PEANUT BUTTER CAKE



Sudah lama bookmark resep ini dan baru sekarang kesampean buat peanut butter cake ini. Resepnya dari ibu Fatmah Bahalwan bisa dilihat  disini. Cake ini termasuk jenis butter cake, jadi sudah pasti teksturnya sedikit padat. Dalam resep memakai susu cair yang saya ganti dengan buttermilk, cara membuat buttermilk yaitu susu cair yang diberi air perasan jeruk nipis atau cuka kemudian diamkan 15 menit sampai muncul gumpalan halus dipermukaannya. Menurut saya cake ini rasanya terlalu manis, jadi bagi yang tidak suka cake yang manis-manis lebih baik kurangi penggunaan gula pasirnya. Dalam resep asli memakai 250 gram gula pasir yang saya kurangi menjadi 180 gram. Selai kacang nya pun saya tambahkan lebih banyak, agar rasa kacangnya lebih berasa. Tapi karena saya memakai selai kacang yang halus jadi cakenya menurut saya kurang betekstur. Jadi next time kalau buat lagi lebih mantap memakai selai kacang Skippy yang teksturnya kasar dan cruncy, atau tambahkan kacang tanah yang sudah dipanggang dan dicincang kasar untuk dicampur dalam adonan atau dijadikan topping diatas cake.



Bahan : 
75 gr  Selai kacang, saya pakai 150 gram
75 gr  Margarin
½ sdt  Vanili
250 gr  Gula pasir, saya pakai 180 gram
2 butir  Telur utuh
200 gr  Tepung terigu
1sdt  Baking Powder
150 ml  Susu cair, saya pakai buttermilk

Cara membuat : 
  1. Campur terigu dengan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok selai kacang, margarin, gula, vanili hingga mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang dalam loyang 22 x 10 x 7 cm yang telah dipoles mentega dan dialasi kertas roti atau menggunakan loyang kecil seperti saya.
  5. Panggang dalam oven suhu 180° C selama 45 menit atau hingga matang.
  6. Angkat, dinginkan. Potong-potong.
Selamat mencoba....





2 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo, saya mau tanya, apa ini tipe cake yang mudah lepas dari loyang atau tidak ya?hehe

Isna Sutanto mengatakan...

Kalau ingin cakenya mudah dikeluarkan dr loyang, oles loyang dengan margarin dan terigu tipis saja.