Kamis, 09 Oktober 2014

LUMPIA GORENG



Kangen lumpia semarang.... Sudah lama kayaknya saya tidak makan lumpia yang isiannya pakai rebung. Jadi waktu nemu kulit lumpia yang terbayang adalah lumpia semarang, langsung deh masuk keranjang tuh kulit. Karena saya jarang sekali melihat kulit lumpia yang kering atau yang biasa dipakai untuk pisang aroma, biasanya yang paling banyak dijual di tempat saya adalah kulit lumpia frozen. Menurut saya kulit lumpia frozen lebih tebal dan setelah digoreng lebih cepat lembek tidak tahan garing nya.

Ternyata...oh ternyata... tukang sayur yang ditunggu-tunggu hari ini tidak membawa rebung, kata si tukang sayur memang tidak ada yang jual dipasar. Kecewa deh, tidak bisa menikmati lumpia yang diidam-idamkan. Baiklah, daripada terbayang-bayang terus kita skip saja rebungnya dan diganti dengan tauge dan wortel.  Resepnya saya lihat dari Sajian Sedap, untuk bahan isiannya saya sesuaikan dengan stok di dapur. Alhamdulillah tanpa rebung pun lumpia ini bisa mengobati rasa kangen saya menikmati lumpia semarang. Yang membuat rasa lumpia ini enak adalah karena ada tambahan ebi sangrainya, sehingga rasanya gurih.  Penasaran?? coba saja buat.




LUMPIA GORENG

Bahan:
kulit lumpia
1 putih telur, untuk merekatkan
minyak, untuk menggoreng

Bahan Isi:
1 buah dada ayam fillet, cincang/digiling
4 siung bawang putih, dihaluskan
1 sdm ebi, disangrai, dihaluskan
150 gram rebung, dipotong korek api (saya nggak pakai)
1 buah wortel, dipotong korek api
50 gram taoge
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdm kecap ikan
1 batang daun bawang, diiris tipis
2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat:
  1. Isi, panaskan minyak. Tumis bawang putih dan ebi sampai harum. Masukkan ayam giling aduk sampai ayam berubah warna dan matang.
  2. Masukkan rebung dan wortel. Aduk hingga setengah layu.
  3. Masukkan taoge, garam, merica bubuk, kecap ikan. Aduk sampai bumbu meresap. Tambahkan daun bawang. Sisihkan.
  4. Isikan kulit lumpia dengan bahan isi. Oleskan  putih telur di pinggirnya. Gulung lalu rekatkan.
  5. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kecokelatan.
  6. Angkat, tiriskan.

Selamat mencoba yaa....





Tidak ada komentar: