Senin, 07 Juli 2014

COMBRO



Combro adalah jajanan dari Jawa Barat yang terbuat dari singkong parut yang diisi tumisan oncom. Nama comro ini berasal dari singkatan oncom dijero (bahasa sunda) yang artinya adalah oncom didalam. Kalau di Bogor hampir setiap penjual gorengan menyediakan combro, jadi kalau mau ngemil combro gampang banget nemunya. Nah... buat saya yang sekarang tinggal di Denpasar, ngemil combro itu istimewa banget, soalnya nemu oncom tuh seperti nemu harta karun hehee.... Dan selama saya tinggal di Denpasar saya belum pernah juga nemu si oncom ini, biasanya kalau saya mudik ke Bogor atau ada saudara yang datang yang pertama saya pesan yaa oncom ini. Seperti oncom ini saya dapat dari tante yang datang ke sini, alhamdulillah punya banyak stok oncom yang saya simpan di frezer.

Combro yang saya buat ini memakai kentang kukus yang dihaluskan untuk adonan kulitnya, sehingga biarpun sudah dingin teksturnya tetap empuk dan nggak alot. Karena saya penggemar cabe jadi untuk isiannya saya buat pedas dan saya tambahkan cabe rawit utuh. Sedangkan untuk anak-anak adonan singkongnya saya isi coklat meses atau keju cheddar parut, dan ternyata enak juga rasanya.



COMBRO

Bahan :
500 gram singkong parut, peras sampai airnya berkurang setengah
100 gram kelapa parut
1 buah kentang ukuran sedang, kukus haluskan
1 sdt garam
2 batang daun bawang iris halus

Bahan isian :
2 papan oncom merah, hancurkan
6 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
10 cabe rawit merah, iris
5 tangkai daun kemangi, petik daunnya
1 batang daun bawang, iris
garam, merica, gula pasir secukupnya

Cara membuat :
Aduk rata singkong, kelapa parut, kentang garam dan daun bawang. Sisihkan.
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukan cabe, oncom, garam, merica dan gula masak sampai semua tercampur rata dan bumbu meresap.
Tambahkan daun kemangi dan daun bawang, aduk rata. Angkat.
Ambil adonan singkong, pipihkan beri bahan isi dan cabe rawit, bentuk oval.
Goreng dalam minyak panas dan api sedang sampai coklat dan matang. Angkat, Tiriskan.
Combro siap disajikan.

Selamat mencoba yaa.....



Tidak ada komentar: