Sabtu, 12 Juli 2014

CILOK



Selama bulan puasa ini saya membuat camilan special request nya kaka Kay. Alhamdulillah di umur kaka yang baru 6 tahun 5 bulan ini sudah bisa belajar puasa penuh dan sampai hari ke-13 ini belum ada bolongnya. Semoga bisa full satu bulan penuh yaa kak, amin. Cilok ini jadi salah satu request nya kaka Kay untuk buka puasa. Insya allah apa pun makanan permintaan kaka mama buatin.

Untuk cilok kali ini saya mencoba membuat cilok dengan resep rujak cireng yang pernah saya buat, hasilnya empuk dan setelah dingin ciloknya pun tidak keras. Sebelumya saya juga pernah membuat cilok yang resepnya silahkan dilihat disini.


CILOK

Bahan:
150 gr tepung tapioka/sagu
200 gr tepung terigu
200 ml air panas
2 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu halus :
3 siung bawang putih halus atau secukupnya
2 sdm ebi/udang kering
2 sdt garam atau secukupnya
1/2 sdt merica bubuk

Pelengkap :
sambal kacang, saya memakai sambal pecel siap pakai
saus sambal
kecap manis

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang, Aduk rata.
Rebus air bersama bumbu halus hingga mendidih.
Tuang air rebusan ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup kalis.
Setelah hangat, uleni menggunakan tangan hingga tercampur rata dan kalis/adonan tidak menempel di tangan.
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung sekitar 15 menit. Angkat.
Kukus cilok sampai benar-benar matang dan empuk. Sajikan dalam keadaan panas dengan saus pelengkap.

Selamat mencoba...



Tidak ada komentar: