Selasa, 24 Juni 2014

MASAK BARENG : SEROMBOTAN


 
Salad menurut Wikipedia adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain.



Untuk meramaikan even Masbar dengan tema salad kali ini saya membuat serombotan. Serombotan adalah makanan khas Bali, tepatnya dari Klungkung. Serombotan ini terbuat dari bahan sayuran rebus seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, pare atau paria dan terung bulat yang diberi sambal kelapa bakar atau urap dan disiram sambal koples atau sambal jeruk limau. Tidak ketinggalan taburan kacang kedelai goreng yang menambah rasa gurih.



Sayuran yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, yang menjadi ciri khas serombotan yaitu pare/paria. Tapi karena saya tidak suka sayuran ini jadi parianya saya skip. Dari beberapa resep serombotan yang saya lihat ada yang menggunakan kacang tanah pada sambal koples atau sambal jeruk limaunya. Tapi menurut saya yang paling enak dan jadi favorid saya ya serombotan dengan sambal seperti yang saya buat ini. Rasanya pedas dan segar karena penambahan jeruk limaunya, dan gurih dari sambel urapnya. Kalau pakai kacang tahan, rasa sambelnya jadi seperti sambel pecel,  jadi kurang pas kalau dicampur dengan sambal urap. Itu menurut saya loh yaa... tapi semua tergantung selera.



SEROMBOTAN

Bahan :
1 ikat kacang panjang, potong 3cm atau sesuai selera
1 ikat bayam,disiangi
1 ikat kangkung, siangi
100 gr tauge
Terung bulat, potong-poton. Saya nggak pake
Kacang kedelai goreng, untuk taburan

Sambel jeruk limau :
3 buah cabe merah rebus
6 buah cabe rawit merah rebus
3 siung bawang putih rebus
1 cm kencur
1/2 sdt terasi bakar
Garam, gula pasir secukupnya
3 buah jeruk limau
2 sdm air hangat

Bahan sambal kelapa/urap :
1/2 butir kelapa parut
2 buah cabe merah
2 buah cabe rawit merah
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm kencur
1 sdt terasi bakar
1sdt garam
1 sdt gula merah 

Cara membuat :
Rebus sayuran kecuali terung, Sisihkan.
Sambal Limau : Haluskan cabai, bawang putih, kencur, terasi, garam dan gula. Beri air jeruk limau dan air, aduk rata.
Sambel kelapa/urap : Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, terasi dan kencur. Beri garam dan gula merah. Tambahkan kelapa parut aduk rata. Sangrai sampai kering dan kelapa kecoklatan.
Siapkan wadah susun sayuran beri sambal kelapa dan sambal jeruk limau. Taburi dengan kacang kedelai goreng.





Serombotan ini bisa dibilang perpaduan antara urap atau terancam dengan plecing. Penasaran kan? dicoba aja yaa.... ^_*

Semoga berkenan yaa ibu-ibu host Masbar....



1 komentar:

Unknown mengatakan...

mas isna, ijin copas y, saya pakai fotonya, tapi dengan mencantumkan nama mas isna sebagai pemilik foto tersebut

Terima kasih