Senin, 19 Mei 2014

CAKE LABU KUNING KUKUS LAPIS COKLAT



Sudah seminggu lebih saya  enggak ngeblog apalagi posting resep-resep baru, padahal sudah banyak resep yang saya coba dalam seminggu ini yang antri untuk di posting di blog. Tapi harus tertunda dulu karena masalahnya ada pada laptop yang biasa saya pakai. Karena programnya masih pake window lama dan suka macet-macetan akhirnya saya upgrade window terbaru sekalian di servis biar lancar. Tiga hari yang lalu laptop sudah selesai di upgrade, begitu saya coba buka di rumah awalnya masih baik-baik saja tapi tiba-tiba ngehang dan mati. Padahal waktu dicoba ditempat servis sudah lancar semuanya, jadi sekarang masuk rumah sakit lagi deh nih laptop hik...hik... sedihnya. Nah kebetulan tadi waktu kerumah mertua laptop papa mertua lagi nganggur jadi saya bawa pulang deh laptopnya. Janji besok saya balikin yaa pah laptopnya, hehee. Sudah ahh segitu dulu aja curhatnya, lanjut bahas resep aja yuuk.

Buat labu kukus ini sudah lama, dan masih dalam rangka menghabiskan stok labu kuning di frezer. Resepnya pakai cake kukus labu kuningnya Diah Didi. Sayang lapisan coklat dan labu kuning punya saya gak keliatan bercampur jadi satu, beda banget sama punya mba Diah Didi yang cantik banget lapisannya. Dalam resep dituliskan waktu mengukus adonan coklat dikukus selama 10 menit, nah saya ikuti dikukus selama 10 menit. Tapi ternyata pinggiran antara cake coklat dan cetakan jadi berongga,  jadi waktu dituang adonan labunya masuk ketepi cetakan yang berongga dan lapisan coklatnya jadi ketutup adonan labu. Jadilah cakenya nggak ada lapisannya dan warnanya pun jadi kuning semua. Nanti lagi kalau mau buat lebih baik adonan yang pertama dikukus jangan terlalu lama, cukup sampai lapisan atasnya kering dan kalau disentuh tidak menempel.   Cake ini teksturnya lembut dan menurut saya rasa manisnya pas apalagi ditambah coklat mises ditengah lapisannya. Diluar penampakannya yang tidak berlapis, saya suka dengan rasanya dan puas dengan hasilnya.



Bahan :
3 butir telur
75 gr gula pasir
85 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
1/4 sdt garam
1/2 sdm emulsifier
75 gr labu kuning, kukus haluskan
75 ml santan, saya pakai bumas 50ml ditambah air 25ml
1/2 sdt pasta coklat
coklat meises secukupnya untuk isian
1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
  1. Blander santan dan labu kukus hingga halus. Saring, sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, vanili bubuk dan emulsifier hingga mengembang dan kental. 
  3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan aduk rata.
  4. Masukkan campuran santan dan labu kuning sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  5. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan coklat pasta, aduk rata.
  6. Siapkan cetakan bentuk bunga/cetakan bolu sakura yang sudah diolesi minyak goreng. Tuang 1-2 sdm adonan coklat dalam cetakan. Kukus selama 10 menit.
  7. Beri coklat meises dan tuang adonan labu kuning. Kukus lagi selama 10 menit atau hingga kue matang.
Note:
- Ketika mengukus, jangan lupa tutup panci di lapisi dengan lap bersih supaya air tidak menetes ke atas adonan.
- Panaskan dandang dengan api besar, begitu mendidih kecilkan api dan cake siap dikukus.







2 komentar:

Rika Oktianti mengatakan...

Mba Isna cetakannya pendek mba, jadi ga kelihatan layernya. Kalo Mba Isna pake cetakan yang kecil tapi tinggi pasti layernya kelihatan. Cetakan mawar memang agak sulit kalau digunakan untuk dua layer.

Isna Sutanto mengatakan...

ini waktu mau tuang adoan labu pinggirannya berongga mba, jd adonan labunya turun ke sekeliling cetakan. setelah dibelah baru keliatan layernya nih. ntar mau coba lagi deh, biar hasilnya cantik kaya punya mba rika :)