Selasa, 29 April 2014

CARANG GESING



Carang gesing adalah jajanan khas dari Jawa Tengah dan salah satu jenis jajanan pasar. Bahan utamanya adalah pisang, dan pisang yang digunakan bisa pisang tandu, pisang raja, pisang kepok atau pisang apa saja yang rasanya manis. Resep carang gesing ini saya lihat dari buku primarasa edisi kue tradisional, dalam resepnya memakai gula pasir yang dicampur gula merah dan menambahkan sedikit tepung beras kedalam adonan santannya. Biasanya cara mengemas carang gesing ini dengan dibungkus menggunakan daun pisang, tapi karena tidak punya daun pisang jadi saya menggunakan cangkir atau bisa juga memakai mangkuk/wadah yang tahan panas.

Carang gesing ini saya buat untuk camilan sore beberapa hari yang lalu, karena kami hanya berempat jadi saya buatnya hanya 4 cangkir saja. Sisa adonan santannya saya simpan dalam kulkas, dan besoknya saya buat carang gesing lagi tapi saya tambahkan potongan roti tawar didalamnya. Teksturnya jadi lebih padat dan mengenyangkan, cocok sekali untuk menu sarapan. 



CARANG GESING

Bahan :
6 buah pisang kepok tua, potong melintang atau serong.
3 butir telur, kocok lepas
600 ml santan
50 gr gula pasir
50 gr gula merah serut
4 cm kayu manis
4 butir cengkeh
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk (optimal), resep asli nggak pake
1 sdm tepung beras, campur dengan 50 ml air
2 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat :
  1. Siapkan mangkuk atau cangkir tahan panas, sisihkan. Panaskan dandang/kukusan.
  2. Panaskan campur santan, gula pasir, gula merah, kayu manis, cengkeh, garam, dan larutan tepung beras dalam panci sampai mendidih. Angkat, biarkan agak dingin.
  3. Masukan telur, kocok perlahan menggunakan pengocok balon hungga rata.
  4. Taruh potongan pandan didalam mangkok/cangkir, masukan beberapa irisan pisang.
  5. Tuang kuah santan hingga pisang terendam, lakukan sampai habis
  6. Masukan kedalam dandang, kukus selama 30 menit sampai matang. Angkat, sajikan.
Carang gesing bisa dinikmati selagi hangat atau dingin (disimpan dalam kulkas), kalau saya sekeluarga lebih suka dinikmati dalam keadaan dingin lebih nikmat rasanya nyesnyes gitu deh hehee....
Dan mumpung waktunya masih ada, Carang gesing ini saya setor juga untuk even Pawon Ibu yang temanya Kuliner Indonesia Tempo Doeloe, semoga carang gesing ini termasuk kuliner tempo dulu ya.




Tidak ada komentar: