Minggu, 29 Desember 2013

KUE BANDROS



Suka sekali dengan jajanan yang satu ini kue bandros. Kue bandros adalah jajanan tradisional dari Jakarta yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Rasanya yang gurih dari kelapa parut dan santan kelapa ini terasa nikmat setelah ditaburi dengan sedikit gula pasir. Sebenarnya saya masih bingung dengan nama kue yang satu ini, kalau yang saya tahu kue ini namanya kue bandros tapi ada juga yang bilang kue pancong. Daripada penasaran tanya mbah google aja yaa.... waahh jadi makin bingung aja nih, karena ada yang menyebutkan kue bandros ini sama saja dengan kue pancong tapi ada juga yang bilang kalau kue bandros berbeda dengan kue pancong. Kalau kue bandros dalam adonannya tidak memakai gula sedangkan kue pancong rasanya manis karena tambahan gula dalam adonannya seperti kue cubit atau pukis. Apapun namanya saya tetep suka kue yang satu ini, favorit banget.

Resep Kue bandros ini saya liat dari Sajian Sedap, tapi ada juga resep kue bandros yang langsung mencampur semua bahan jadi satu. Cetakan kue ini sama dengan cetakan kue pukis, sebelum adonan dimasukan olesi dulu cetakan dengan minyak tipis saja. Memanggang kue ini dengan api kecil dan tutup cetakannya, gak perlu dibalik setelah bagian bawah dan sisinya kecoklatan baru diangkat.





Kue bandros enak dinikmati selagi hangat, saya suka rasa kue ini gurih banget dan kalau mau ada rasa manis-manisnya taburi dengan gula pasir. Kalau saya sih lebih suka makan kuenya  dicocol-cocol langsung aja ke gula pasirnya (cocol apa yaa bahasa indonesianya hehee....).  Selamat mencoba..... ^^


2 komentar:

Rika Oktianti mengatakan...

Di daerah saya juga bilangnya kue pancong mba.

Isna Sutanto mengatakan...

Saya msh penasaran aja mba rika cos ada yg bilang bandros beda ma pancong, mgkn beda daerah beda nama yaa