Rabu, 31 Juli 2013

SPAGHETTI BOLOGNESE MEATBALLS



Spaghetti ini saya buat untuk menu buka puasa beberapa minggu yang lalu waktu temen kuliah saya Dewcent yang lagi ada tugas kerja di Denpasar mau mampir kerumah buat buka puasa bareng. Tapi karena kerjaannya belum selesai temen saya ini batal nyicipin spaghetti bolognese ini dan ga jadi deh kangen-kangenan sama bumil. Saya sudah sering banget buat saus bolognese tapi biasanyanya daging gilingnya langsung dicampur tidak dibuat meat balls/bola-bola daging. Saus ini saya buat dalam rangka menghabiskan stok daging gilling di frezer, tadinya saya pengen coba buat rolade tapi batal karena kaka Kay request pingin dibuatin spaghetti. Biasannya saya pakai tomat yang dihaluskan untuk sausnya tapi karena lagi gak punya stok buah tomat yaa sudah pakai saus bolognese siap pakai aja, ini dia resep yang biasa saya buat.


SPAGHETTI BOLOGNESE MEATBALLS

Bahan:
200 gr spagheti, direbus sampai aldente

Bahan saus bolognese:
250 gram daging giling, campur dengan sedikit garam buat bola-bola kecil.
50 gram jamur tiram, cincang kasar
5 buah sosis sapi, iris bulat
1 buah bawang bombay, dicincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
365 gr/1botol saus bolognese siap pakai, sy pakai delmonte
6 sdm saus tomat
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
3/4 sdt gula pasir
300 ml air
1/2 sdt oregano
2 sdm minyak untuk menumis


Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging yang sudah di bentuk bola-bola . Aduk sampai berubah warna.
  2. Tambahkan jamur tiram dan sosis. Aduk rata. Masukkan saus bolognese botolan, saus tomat, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap. Tambahkan oregano. Aduk rata.
  4. Tuang ke atas spagheti. Sajikan.

Sisa saus bolognese besoknya saya buat pizza dengan topping yang seadanya aja jagung manis sosis dan jamur champignon dengan pinggiran sosis dan dought yang tipis jadinya garing. Dan alhamdulillah jadi ketemuan sama Dewcent yang datang ke rumah buat buka puasa bareng, tapi karena bilangnya dadakan jadi buka puasanya pakai menu seadanya aja, gak sempet nyicip spaghettinya masih bisa nyicip pizza nya yaa... lagian bumil cuma request minta makan gorengan bakwan/bala-bala sama masakan rumah aja katanya.

Tidak ada komentar: