Jumat, 12 Juli 2013

IKAN SELAR BAKAR




Bingung mau diolah apa lagi nih ikan? Saya beli ikan selar ini satu bungkus plastik dan isinya lumayan banyak, ga nanya juga sama bapak tukang sayurnya berapa kilo beratnya. Setengahnya sudah saya masak balado ikan selar yang saya goreng kering dan ini bingung deh mau diapain lagi. Akhirnya saya bakar aja setelah liat-liat resep di sajiansedap, dan ini sudah saya modifikasi sesuai selera yaaa.....
 
IKAN SELAR BAKAR

Bahan-bahan :
6 ekor ikan selar, bersihkan, dikerat-kerat
1 sendok makan air jeruk nipis
3/4 sendok teh garam
1 sendok makan air asam jawa (dari 1 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)
4 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
4 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 buah cabai merah keriting
2 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 sendok teh ketumbar
2 cm jahe

Cara Pengolahan :
  1. Lumuri ikan selar dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air asam jawa. Aduk rata. Angkat. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Lumuri ikan dengan tumisan bumbu. Diamkan 15 menit.
  4. Bakar ikan selar sambil dioles sisa bumbu sampai matang dan harum.

Tidak ada komentar: